Teks Mining untuk Klasifikasi Keluhan Masyarakat Menggunakan Algoritma Naive Bayes

  • Dyah Ariyanti
  • Kurnia Iswardani.
Kata Kunci: Klasifikasi, Teks Mining, Naïve Bayes

Abstrak

Penanganan keluhan / pengaduan masyarakat Kota Probolinggo yang terkenal dengan Laporo Rek
masih memerlukan waktu yang lama untuk memberikan laporan tentang keluhan masyarakat kepada
dinas terkait dikarenakan admin pada dinas terkait terkadang tidak paham harus kemana keluhan
masyarakat tersebut diberikan. Dengan adanya penelitian tentang teks mining untuk klasifikasi
keluhan masyarakat dengan algoritma nae bayes dapat membantu admin dalam memecahkan
persoalan diatas. Pengolahan data keluhan masyarakat ini melalui beberapa tahapan teks mining
yaitu token, filter, stemming dan analyzing. Setelah melalui tahapan praproses, data tersebut akan
dilakukan klasifikasi menggunakan algoritma Nae Bayes, hasil perhitungan tersebut yang nantinya
akan menunjukkan hasil kelas dari setiap data keluhan masyarakat yang masuk baik melalui telepon,
sms. Penelitian ini menghasikan tingkat akurasi mencapai 95%, sehingga dapat mengklasifikasikan
keluhan masyarakat tiap-tiap instansi di pemerintah Kota Probolinggo

Diterbitkan
2020-11-09