Rancang Bangun Aplikasi Face Recognition Pada Pendekatan CRM Menggunakan Opencv Dan Algoritma Haarcascade

  • Muhammad Karunia Rahmadhika
  • Ahmad Muhammad Thantawi
Kata Kunci: Face Recognition, Customer Relation Management, Algortima Haarcascade, Loyalitas customer

Abstrak

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi maka terciptalah ide ide baru yang muncul sehingga teknologi dapat merambah keseluruh bidang terutama pada pendekatan customer relation management menggunakan face recognition. Saat ini konsep face recognition sudah banyak diimplementasikan dan diterima oleh masyarakat dunia, dapat dibuktikan bahwa face recognition banyak ditemui sebagai sistem pengaman pada saat berada di front office suatu gedung kantor. Aplikasi face recognition ini dapat meningkatkan loyalitas customer pada suatu kedai/restoran. Algoritma yang digunakan pada aplikasi ini yaitu algoritma haarcascade yang pada dasarnya merubah gambar wajah menjadi kumpulan angka angka sehingga sistem dapat membaca dan membedakan berbagai wajah yang telah direcognize. Pengembangan yang digunakan pada aplikasi face recognition ini menggunakan metode Face Recognition, sedangkan untuk perancangan sistem menggunakan diagram UML. Aplikasi ini dapat meningkatkan loyalitas customer dengan cara mengenali wajah mereka sehingga pada saat bertransaksi didepan kasir, terjadi hubungan yang akrab antara customer dan kasir karena kasir bisa mengenali customer bahkan dapat mengetahui kapan dan menu apa saat pertama kali customer berkunjnung

Diterbitkan
2020-11-10