Sistem Notifikasi Otomatis Tracking Klaim Reimbursement Melalui Whatsapp Dalam Mendukung Peningkatan Layanan Pelanggan Pada Perusahaan Asuransi Kesehatan PT. XYZ

  • Fahrul Nurzaman
Kata Kunci: Notifikasi, Tracking Klaim Reimbursement, WhatsApp, Metode Scrum

Abstrak

Kepuasan pelanggan menjadi faktor penting dalam keberlangsungan bisnis perusahaan. Salah satu cara untuk mendapatkan kepuasan pelanggan adalah dengan meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan. Penyajian informasi dan data yang dibutuhkan pelanggan merupakan salah satu bentuk layanan yang diberikan Perusahaan. Salah satu informasi dan data yang dibutuhkan pelanggan , khususnya dalam bisnis Asuransi kesehatan adalah Informasi dan data mengenai proses penyelesaian klaim reimbursement. Pelanggan membutuhkan informasi dan data apakah klaim nya itu sudah selesai dan sudah dilakukan pembayaran. Untuk itu maka perusahaan PT. XYZ yang bergerak di bidang Jasa Asuransi Kesehatan melakukan Strategi dan inovasi menerapkan Teknologi Informasi dengan mengembangkan Sistem Notifikasi Otomatis tracking Klaim Reimbursement melalui WhatsApp. Dengan adanya Sistem ini maka pelanggan tidak perlu meminta informasi dan data kepada pihak perusahaan, pelanggan secara otomatis mendapatkan informasi dan data masuk ke dalam WhatsApp pelanggan. Notifikasi berisi Informasi dan data pelacakan klaim reimbursement dari penerimaan, proses verifikasi dan pembayaran. Sistem Notifikasi Otomatis Tracking Klaim Reimbursement melalui WhatsApp dikembangkan dengan Metodologi Agile Software Development menggunakan Metode Scrum. Pada penulisan ini dibahas bagaimana mengembangkan dan menerapkan sistem notifikasi otomatisasi tracking klaim reimbursement melalui WhatsApp dengan menggunakan Metode Scrum untuk mendukung perusahaan dalam peningkatan layanan kepada pelanggan

Diterbitkan
2020-11-10