PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN

  • Mutia Oktiani
  • Oktian Fajar Nugroho
Kata Kunci: Model Pembelajaran Index Card Match, Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri 2 Pasirkembang dengan jumlah siswa 28 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Prosedur dalam penelitian ini melalui dua siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari; (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran index card match, soal tes untuk mengukur pemahaman konsep siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan, dan menggunakan lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran index card match. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran index card match pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan di kelas III SD Negeri 2 Pasirkembang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep. Hasil ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siklus I (61%), pada siklus II (88%) dan terjadi peningkatan sebesar (27%). Rata-rata hasil belajar pemahaman konsep siswa pada materi penjumlahan dann pengurangan bilangan pada siklus I (64%), pada siklus II (92%)

Diterbitkan
2020-11-10