Perancangan Model dan Kuisoner Pengukuran Kinerja UMKM melalui Technology-Organization-Environment

  • Winda Wulandari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Meinarini Catur Utami UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Elvi Fetrina UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstrak

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sebagai salah satu faktor pendorong ekonomi di
Indonesia, mengalami krisis ketika pandemi Covid-19 yang menyebabkan adanya pembatasan
aktivitas masyarakat Indonesia. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kegiatan
kehidupan manusia, termasuk diantaranya proses jual beli. Kegiatan jual beli yang biasanya
dilakukan secara tatap muka menjadi tidak bisa terlaksana secara normal akibat pembatasan
aktivitas dari pemerintah sehingga secara tidak langsung mempengaruhi hasil penjualan pelaku
usaha, termasuk diantaranya adalah pelaku UMKM. Selama pandemi ini, terjadinya penurunan
penjualan yang sangat signifikan dan mengakibatkan kegelisahan yang mendalam pada pelaku
UMKM seperti pembayaran honor karyawan, biaya operasional harian, dan lain-lain. Adanya
fenomena ataupun kejadian ini mengakibatkan UMKM harus memutar otak agar dapat bertahan
di tengah krisis yang berlangsung. Agar terus bertahan UMKM memanfaatkan media sosial
untuk mempromosikan produknya, atau melakukan penjualan secara online dengan media sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari adopsi media sosial terhadap
kinerja UMKM. Metode penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yang diantaranya adalah
identifikasi masalah, kajian pustaka penentuan model penelitian, perancangan penelitian,
pembuatan instrumen yang menghasilkan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan model
penelitian yang berkaitan dengan sosial media adoption terhadap kinerja UMKM yang didukung
oleh variabel dependen dari framework Technology-Organization-Environment (TOE), serta
kuesioner.

Diterbitkan
2021-10-31