Signifikansi Perkembangan Teknologi terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini

  • Desak Putu Saridewi Pasca Sarjana/Prodi Pendidikan Agama Hindu IAHN Gde Pudja Mataram Mataram, Indonesia
  • Paula Dewanti 2Fakultas Informatika dan Komputer /Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Made Yuliani Pasca Sarjana/Prodi Pendidikan Agama Hindu IAHN Gde Pudja Mataram Mataram, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini mengkaji dampak perkembangan teknologi terhadap pemerolehan bahasa
pada anak usia dini dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis studi
literatur. Data diperoleh dari sumber-sumber ilmiah terkini yang relevan dengan topik
penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa teknologi memiliki peran ganda, yakni
berfungsi sebagai fasilitator sekaligus berpotensi menjadi hambatan dalam perkembangan
bahasa anak. Dampak negatif mencakup pola komunikasi satu arah, berkurangnya interaksi
sosial, penyerapan bahasa yang kurang tepat, serta gangguan pada keterampilan berbicara
dan mendengar. Sebaliknya, dampak positif meliputi peningkatan stimulus linguistik
melalui media interaktif, perluasan kosakata, pengalaman belajar bahasa yang
menyenangkan, serta potensi terapi bagi anak dengan keterlambatan bicara. Temuan ini
menegaskan pentingnya pengawasan dan pendampingan oleh orang tua maupun pendidik
untuk memastikan bahwa penggunaan teknologi dapat secara efektif mengoptimalkan
pemerolehan bahasa pada anak usia dini.

Diterbitkan
2025-10-21