Pengembangan Wisata Alam, Sejarah dan Budaya Kalimantan Tengah Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality

  • Minarni Minarni
  • Eka Prasetyaningrum
  • Catur Hermawan

Abstrak

Saat ini, wisata di Kalimantan Tengah meliputi wisata alam, sejarah dan budaya
masih belum dipublikasikan dengan maksimal. Upaya mengembangkan wisata tersebut
dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality berbasis Android. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan mempertahankan nilai-nilai
budaya yang menjadi ciri khas Kalimantan Tengah. Meskipun wisatawan tidak berada di
lokasi, wisatawan bisa melakukan scan barcode pada buku panduan wisata Kalimantan
Tengah menggunakan aplikasi snapchat untuk bisa menampilkan objek wisata seolahseolah
wisatawan sedang berada pada lokasi objek wisata sehingga menimbulkan kesan
ingin mengunjungi secara langsung objek wisata tersebut. Model tersebut dibuat
menggunakan Lens Studio. Selain itu, wisatawan juga bisa mengakses informasi detail
mengenai lokasi wisata, gambar dan video yang memanfaatkan Google Maps API dan
Street View yang terhubung dalam sebuah aplikasi pemandu wisata. Metode penelitian
yang digunakan meliputi metode pengumpulan data dan pengembangan sistem. Hasil dari
penelitian ini adalah aplikasi Augmented Reality sebagai pemandu bagi wisatawan dalam
memperoleh informasi lokasi dan deskripsi lengkap tentang wisata alam, sejarah dan
budaya Kalimantan Tengah.

Diterbitkan
2020-11-08