Inovasi Kewirausahaan dalam Industri Makanan Melalui Kreativitas dan Teknologi (Studi Kasus Restoran AvoEats)
Abstract
Di tengah persaingan industri kuliner yang ketat, inovasi menjadi kekuatan pendorong yang
memungkinkan wirausaha kuliner tidak hanya bertahan tetapi juga unggul. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis konsep kewirausahaan dalam bisnis kuliner Restoran Avoeats dan
untuk mendeskripsikan inovasi yang telah dilakukan oleh Restoran AvoEats. Analisis data
berfokus pada konsep kewirausahaan dalam bisnis kuliner Restoran Avoeats dan strategi
inovasi produk yang dapat dilakukan pada bisnis kuliner Restoran Avoeats. Hasil penelitian
tentang konsep kewirausahaan dalam bisnis kuliner Restoran Avoeats terdiri atas ide bisnis, riset
Pasar, perencanaan bisnis, pembiayaan, inovasi produk, manajemen operasional, pemasaran dan
branding, pengalaman pelanggan, pengelolaan keuangan, pertumbuhan dan stabilitas, inovasi
berkelanjutan, manajemen risiko, keberlanjutan dan kewirausahaan sosial, evaluasi dan
pengukuran kinerja. Strategi inovasi produk yang dapat dilakukan pada bisnis kuliner Restoran
Avoeats terdiri atas pembenahan produk, pemasaran digital, inovasi proses dan peningkatan
kualitas layanan. Keunggulan bersaing Restoran AvoEats terletak pada kombinasi keunikan
produk, kualitas produk yang tinggi, harga yang bersaing, atmosfer yang menyenangkan, dan
komitmen pada kesehatan dan keberlanjutan. Dengan mengintegrasikan elemen-elemen ini,
AvoEats berhasil menarik perhatian konsumen, mempertahankan loyalitas pelanggan, dan
menciptakan citra merek yang positif di pasar kuliner.