Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus UMKM Cassia Look )

  • Hendra Railis Akuntansi YAI
  • Essy Malays Sari Sakti Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: SWOT, Strategi Pemasaran, UMKM

Abstract

Cassia Look adalah UMKM yang bergerak dibidang penjualan baju wanita khusus untuk ukuran besar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran kompetitif yang unggul dan
kebijakan perusahaan yang tepat dengan menggunakan teknik analisis SWOT pada UMKM Cassia Look.
Penelitan ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif yang menguraikan tentang peluang dan ancaman
pada UMKM Cassia Look dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara dan
observasi dan dianalisis menggunakan metode SWOT. Analisis SWOT dilakukan dengan menggunakan
matrik IFAS yang menjabarkan faktor-faktor kekuatan dan kelemahan dan matrik EFAS yang
mendeskripsikan faktor-faktor peluang dan ancaman. Faktor eksternal dan faktor internal pada UMKM
cassia Look memperlihatkan jumlah skor bobot eksternal sebesar 3.57 dan jumlah skor bobot internal sebesar
3.51. dengan demikina IE untuk UMKM Cassia Look terletak pada ordinat kwandran I yang berati bahwa
strategi yang digunakan untuk pertumbuhan usaha adalah dengan meningkatkan pengetahuan tentang strategi
pemasaran dan mendambah jumlah SDMserta mempertahankan ukuran baju untuk orang berbadan besar.

Published
2024-02-28