Analisis Peningkatan Kewirausahaan, Kreativitas Inovasi, Dan Modal Sosial Terhadap Minat Wirausaha Di Universitas Wahid Hasyim

  • Lukman Khakim Universitas Wahid Hasyim
  • Nur Afiatul Khusna Universitas Wahid Hasyim
  • Ratih Pratiwi Universitas Wahid Hasyim
  • M Ricza Irhamni Universitas Wahid Hasyim
Keywords: Peningkatan Kewirausahaan, Kreativitas Inovasi, Modal Sosial, Minat Wirausaha.

Abstract

Dewasa ini, banyak generasi muda menjadi pengangguran, sehingga menumbuhkan minat
berwirausaha dipercaya sebagai alternatif mengatasi keterbatasan lapangan pekerjaan dan
mengurangi jumlah pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kewirausahaan, kreativitas inovasi, dan modal sosial terhadap minat wirausaha pada mahasiswa
universitas wahid Hasyim Semarang. Metode analisis data dilakukan dengan pengumpulan sampel
dan populasi penelitian yang dilanjutkan dengan memberikan kuesioner kepada mahasiswa yang
digunakan untuk mengukur nilai kreativitas inovasi dan modal sosial terhadap minat berwirausaha
dengan meningkatkan efikasi diri. Populasi yang diteliti adalah mahasiswa universitas wahid hasim
Semarang yang berjumlah 2.925 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Metode
analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Hasil penelitian menyatakan bahwa
peningkatan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri, kreativitas inovasi
dan modal sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efikasi diri, kualitas
pembelajaran kewirausahaan, modal sosial, dan kreativitas dan inovasi tidak berpengaruh signifikan
terhadap minat wirausaha.

Published
2024-10-01