Perancangan Islamic School Jakarta Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku

  • Rio Andhara Rusfian Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Prof.Ir. Sri Astuti Indriyati, MS., Ph.D Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Dr.Ir. Siti Sujatini MSi. Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Ir. Ari Wijaya M.Si Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Islamic School, Jakarta, Arsitektur, Perilaku

Abstract

Studi ini menyelidiki bagaimana konsep arsitektur perilaku siswa dan siswi
dapat diterapkan dalam perencanaan ismalic school di Jakarta. Arsitektur perilaku adalah
pendekatan yang memperhatikan kegiatan yang berada di dalam sekolah. Dalam
pendekatan ini, perilaku dan kebutuhan sosial menjadi dasar perancangan ruang.
Islamic School adalah upaya membimbing siswa dan siswi untuk belajar dengan
nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan lingkungan
sekolah yang mendukung untuk kegiatan, kesejahteraan, dan keberlanjutan akademik.
Analisis literatur, observasi lapangan, dan wawancara dengan para guru, kepala
sekolah, murid, dan ahli arsitektur adalah bagian dari metodologi penelitian. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa desain Islamic school dapat meningkatkan kualitas
belajar mengajar bagi guru dan siswa siswi. Untuk membuat lingkungan sekolah yang
inklusif dan berkelanjutan, perencanaan ruang yang mempertimbangkan skala manusia,
konektivitas sosial, dan integrasi ruang privat, semi-publik, dan publik sangat penting.
Diharapkan hasil penelitian ini akan menjadi referensi untuk desain sekolah islam yang
berfokus pada kegiatan dan emosional siswa/siswi selain kebutuhan fisik mereka. Ini
akan membantu menciptakan proses belajar dan mengajar yang lebih nyaman.

Published
2025-02-19