Penerapan Terapi Kelompok dengan Teknik Psikoedukasi untuk Mengatasi Kecemasan pada Siswa di Sekolah Master Depok

  • 𝐅𝐚𝐣𝐚𝐫 𝐌𝐮𝐡𝐚𝐦𝐦𝐚𝐝 𝐙𝐚𝐤𝐢 Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • 𝐑𝐢𝐥𝐥𝐚 𝐒𝐨𝐯𝐢𝐭𝐫𝐢𝐚𝐧𝐚 Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • 𝐑𝐨𝐳𝐚 𝐄𝐥𝐦𝐚𝐧𝐢𝐤𝐚 𝐏𝐮𝐭𝐫𝐢 Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstrak

Sekolah Master Depok merupakan lembaga pendidikan gratis untuk anak Yatim Piatu, Dhuafa, dan fakir miskin. Program yang diberikan sangat membantu, hanya saja para siswa cenderung banyak mengalami kecemasan. Kecemasan yang dirasakan siswa dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka, seperti prestasi akademik, kesejahteraan emosional, dan interaksi sosial Setelah dilakukan pemeriksaan psikologi dengan wawancara klinis, observasi, tes psikologi, dan pemberian Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) diketahui bahwa siswa mengalami kecemasan dengan menunjukan perilaku mudah merasa lelah, khawatir, sulit berkonsentrasi, sulit tidur, dan malas. Penelitian dilakukan dengan metode quasi experimental untuk mengukur pengaruh terapi kelompok dengan teknik psikoedukasi dalam mengatasi kecemasan pada siswa peserta program paket C. Lima peserta dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil menunjukkan penurunan tingkat kecemasan setelah intervensi sebanyak 33%. Siswa menunjukkan peningkatan semangat, ketenangan, kemampuan berkonsentrasi, dan tidur. Peneliti merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan dan mengeksplorasi intervensi lain.

Diterbitkan
2024-02-08