Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Resiliensi Akademik pada Siswa Sekolah Menengah
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada siswa sekolah menengah di Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 320 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 175 siswa berusia 14-16 tahun yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert yang mencakup skala resiliensi akademik, skala efikasi diri, dan skala dukungan sosial. Pengolahan data dilakukan menggunakan program JASP 0.19.1.0 for Windows. Hasil analisis data melalui uji bivariate correlation menunjukkan adanya hubungan signifikan antara efikasi diri dengan resiliensi akademik serta antara dukungan sosial dengan resiliensi akademik pada siswa sekolah menengah. Hasil analisis menggunakan metode stepwise menunjukkan bahwa efikasi diri memiliki kontribusi yang lebih dominan terhadapresiliensi akademik.