Transformasi Digital Dan Pengukuran Kompetensi Pedagogik Serta Pengukuran Profil Berkelanjutan Guru Sdn Kedoya Utara

  • Ratnawati Susanto
  • Herlinda Sofyan
  • Yulhendri Yulhendri
Keywords: Digital Transformasi, Kompetensi Pedagogik, Program Asesmen Profil Kompetensi. Pedagogik, Transformasi Profil Kepemimpinan Pembelajaran., Digital Transformation, Pedagogical Competency, Competency Profile Assessment Program. Pedagogy, Transformation of Learning Leadership Profiles

Abstract

Digital Transformasi bagi guru merupakan suatu keharusan dan penguatan kompetensi
pedagogik guru perlu ditindaklanjuti dengan pengukuran profil secara berkelanjutan. Pemanfaatan
dunia teknologi dalam proses pembelajaran di sekolah menjadi suatu keniscayaan bahkan kewajiban
bagi Guru untuk peningkatan kompetensi dalam proses pengelolaan pembelajaran. Kemampuan
melakukan proses digital transformasi dan pengukuran atau yang disebut asesmen perlu dilakukan
pada tingkat individu dan sekolah dan hendaknya menjadi strategi program peningkatan kapasitas
dan kapabilitas Lembaga pendidikan yang berfokus pada kualitas dan kebutuhan peserta didik.
Untuk itu, sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, maka 2 dosen dari FKIP Universitas
Esa Unggul, dan satu lagi dari Fasilkom Universitas Esa Unggul serta 7 mahasiswa melakukan
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa pemanfaatan program aplikasi asesmen untuk
transformasi kepemimpinan pembelajaran bagi guru SDN Kedoya Utara 03.

Digital Transformation for teachers is a necessity and strengthening teacher pedagogical
competence needs to be followed up with ongoing profile measurements. Utilizing the world of
technology in the learning process at school has become a necessity and even an obligation for
teachers to increase competence in the learning management process. The ability to carry out digital
processes of transformation and measurement or what is called assessment needs to be carried out
at the individual and school level and should be a program strategy for increasing the capacity and
capability of educational institutions that focuses on the quality and needs of students. For this
reason, as part of the Tridharma of Higher Education, 2 lecturers from FKIP Esa Unggul
University, and another from Fasilkom Esa Unggul University as well as 7 students carried out the
Community Partnership Program (PKM) in the form of utilizing an assessment application program
to transform learning leadership for Kedoya Elementary School teachers North 03.

 

Published
2023-10-18