Transformasi Digital Dan Pengukuran Kompetensi Pedagogik Serta Pengukuran Profil Berkelanjutan Guru Sdn Kedoya Utara
Abstract
Digital Transformasi bagi guru merupakan suatu keharusan dan penguatan kompetensi 
pedagogik guru perlu ditindaklanjuti dengan pengukuran profil secara berkelanjutan. Pemanfaatan 
dunia teknologi dalam proses pembelajaran di sekolah menjadi suatu keniscayaan bahkan kewajiban 
bagi Guru untuk peningkatan kompetensi dalam proses pengelolaan pembelajaran. Kemampuan 
melakukan proses digital transformasi dan pengukuran atau yang disebut asesmen perlu dilakukan 
pada tingkat individu dan sekolah dan hendaknya menjadi strategi program peningkatan kapasitas 
dan kapabilitas Lembaga pendidikan yang berfokus pada kualitas dan kebutuhan peserta didik. 
Untuk itu, sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, maka 2 dosen dari FKIP Universitas 
Esa Unggul, dan satu lagi dari Fasilkom Universitas Esa Unggul serta 7 mahasiswa melakukan 
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa pemanfaatan program aplikasi asesmen untuk 
transformasi kepemimpinan pembelajaran bagi guru SDN Kedoya Utara 03.
Digital Transformation for teachers is a necessity and strengthening teacher pedagogical 
competence needs to be followed up with ongoing profile measurements. Utilizing the world of 
technology in the learning process at school has become a necessity and even an obligation for 
teachers to increase competence in the learning management process. The ability to carry out digital 
processes of transformation and measurement or what is called assessment needs to be carried out 
at the individual and school level and should be a program strategy for increasing the capacity and 
capability of educational institutions that focuses on the quality and needs of students. For this 
reason, as part of the Tridharma of Higher Education, 2 lecturers from FKIP Esa Unggul 
University, and another from Fasilkom Esa Unggul University as well as 7 students carried out the 
Community Partnership Program (PKM) in the form of utilizing an assessment application program 
to transform learning leadership for Kedoya Elementary School teachers North 03.
							
