Efektivitas Mahasiswa Menggunakan Modul Ajar Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Studio Aksesori Studi Kasus Pemanfaatan Kain Perca

  • Syifa Dwi Kurnia Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta
Keywords: modul ajar interaktif, pemahaman materi, studio aksesori, kain perca, efektivitas pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan modul ajar interaktif dalam meningkatkan
pemahaman mahasiswa terhadap materi Studio Aksesori, khususnya pada topik pemanfaatan kain perca.
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif dan mampu
merangsang kreativitas mahasiswa dalam menciptakan produk aksesori yang estetis dan fungsional dari
bahan limbah tekstil. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif, melibatkan mahasiswa dalam satu kelas, kelompok eksperimen yang menggunakan modul
interaktif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest
dan post-test, serta observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan signifikan pemahaman materi pada kelompok yang menggunakan modul ajar interaktif
dibandingkan dengan kelompok kontrol. Modul interaktif terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar,
pemahaman konsep, serta kemampuan aplikatif mahasiswa dalam memanfaatkan kain perca sebagai bahan
dasar aksesori. Temuan ini merekomendasikan penggunaan modul interaktif sebagai alternatif strategi
pembelajaran yang efektif dalam pendidikan desain dan kriya tekstil.

Published
2025-07-07