PELATIHAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASS ROOM UNTUK MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR BAGI GURU SMK MUHAMMADIYAH 9 JAKARTA

  • Agus Umar Hamdani
  • Lis Suryadi
  • Kukuh Harsanto
  • Suwasti Broto
Keywords: Google Class Room, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Sejak kurikulum 2013 diberlakukan ke dalam sistem pendidikan nasional, maka setiap guru dituntut
untuk menguasai teknologi dan menerapkannya di dalam aktivitas belajar mengajar di sekolah. Modelmodel
pembelajaran dikembangkan dengan mengkombinasikan 2 (dua) metode pembelajaran untuk
menghasilkan pembelajaran yang interaktif yaitu metode pembelajaran tatap muka (face to face) dengan
metode pembelajaran berbasis online (e-learning). Aplikasi Google Class Room adalah salah satu
teknologi informasi yang populer digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang
merupakan salah satu fitur dalam Google Apps For Education (GAFE). Dengan menggunakan aplikasi
Google Class Room, setiap guru dapat mengupload materi pembelajaran, pembuatan soal tugas, UTS
dan UAS secara online kepada siswa. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh SMK Muhammadiyah
9 Jakarta saat ini adalah kurangnya pengetahuan yang dimiliki guru dalam mengoperasikan aplikasi
Google Class Room untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas. Sebagian besar mereka
belum belum menguasai perangkat teknologi informasi guna mendukung kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan kondisi diatas, maka kami mengadakan kegiatan pelatihan mengenai tata cara
pengoperasian aplikasi Google Class Room guna mendukung kegiatan belajar mengajar untuk guru
SMK Muhammadiyah 9 Jakarta ini. Tujuan dari pelatihan ini adalah berbagi pengetahuan dan
pengalaman kepada guru mengenai tata cara pengoperasian aplikasi Google Class Room guna
menciptakan pembelajaran yang interaktif.

Published
2019-11-13