Perancangan Sistem Pemesanan Makanan MYC UPH Menggunakan Fitur QR CODE

  • Hery Hery
  • Samuel Lukas
  • David Habsara Hareva
  • Calandra A.Haryani
  • Andree E. Widjaja
  • Riswan Efendi Tarigan

Abstrak

Mission Youth for Christ (MYC) adalah organisasi pelayanan anak muda di Universitas Pelita Harapan
(UPH) Tangerang yang telah berdiri sejak 2006. MYC melayani sekitar 2.500 anak muda yang berasal dari
berbagai kota di Indonesia bahkan luar negeri. Aktivitas utama organisasi MYC adalah mengelola akomodasi
mencakup tempat tinggal, makanan, dan fasilitas mahasiswa selama tinggal dan berkuliah di kampus
Universitas Pelita Harapan. Dalam menjalankan kegiatan operasional dalam melayani kebutuhan
makanan dan minuman para penghuni asrama, pihak MYC masih melakukan secara manual
sehingga mengalami berbagai permasalahan mulai dari proses pemesanan makanan, proses
pembagian makanan dan proses pencatatan denda yang tidak sesuai dan tidak akurat. Berbagai
kendala yang ada menyebabkan merugikan bagi penghuni dan MYC sehingga pihak MYC
memerlukan suatu sistem pemesanan makanan yang tepat guna dan akurat. Oleh karena itu, kami
melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul perancangan sistem pemesanan makanan
MYC UPH menggunakan fitur QR code. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini
menghasilkan suatu sistem pemesanan makanan menggunakan fitur QR code yang memberikan
manfaat yang baik dan telah berjalan sesuai rencana serta menjawab permasalah yang ada.

Mission Youth for Christ (MYC) is a youth service organization at Pelita Harapan University (UPH)
Tangerang, founded in 2006. MYC serves around 2,500 young people from various cities in
Indonesia and abroad. The main activity of the MYC organization is managing accommodation,
including housing, food, and student facilities while living and studying at the Pelita Harapan
University campus. In carrying out operational activities in serving dormitory residents' food and
beverage needs, MYC is still doing it manually, resulting in various problems ranging from ordering
food, distributing food, and recording fines that are inappropriate and inaccurate. Various existing
obstacles cause harm to residents and MYC, so MYC requires an effective and accurate food
ordering system. Therefore, we conducted a community service activity entitled Designing a MYC
UPH food ordering system using the QR code feature. This community service activity resulted in a
food ordering system using the QR code feature, which provides good benefits and has gone
according to plan and answered existing problems

Diterbitkan
2024-02-22