Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital, Digital Marketing, dalam Mendorong Sustainability Competitive Bisnis UMKM Kue SuguhWangi di Desa Melatiwangi Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung

  • Budi Harto
  • Milla Marliana
  • Panji Pramuditha
  • Apriliyanti Apriliyanti
  • Teti Sumarni

Abstrak

Teknologi informasi digital dan pemasaran digital telah menjadi factor pendorong utama dibalik
pertumbuhan UMKM di industri kuliner. Dukungannya membuka peluang bagi UMKM kuliner
meningkatkan visibilitas online, menjangkau pelanggan baru, dan menjalin hubungan yang lebih kuat dengan
pelanggan. Website, media sosial, dan konten iklan digital telah membantu UMKM menjangkau pelanggan
lebih luas dan meningkatkan pendapatan. Pendampingan dan pelatihan mengenai kegiatan ini
memungkinkan UMKM untuk memahami dan mengoptimalkan penggunaan teknologi. UMKM Kue Suguh
Wangi mendapatkan kepercayaan diri lebih besar dari pendampingan dan pemanfaatan teknologi informasi
digital untuk mencapai daya saing yang lebih dengan semakin terdigitalisasi bagi keberlanjutan bisnisnya di
masa depan.

rowth of MSMEs in the culinary industry. Its support opens up opportunities for culinary MSMEs to increase
online visibility, reach new customers, and establish stronger relationships with customers. Websites, social
media, and digital advertising content have helped MSMEs reach a wider range of customers and increase
revenue. Mentoring and training on these activities enable MSMEs to understand and optimize the use of
technology. Kue Suguh Wangi MSMEs gained greater confidence from the mentoring and utilization of
digital information technology to achieve more competitiveness by becoming more digitized for the
sustainability of its business in the future..

Diterbitkan
2024-02-22