Peningkatan “Nilai” Produk Mitra UMKM Dengan Penguatan Branding dan Advertising Menerapkan Prinsip Green Economy

  • Hesty Heryani University of Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Indonesia
  • Utomo Utomo University of Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Indonesia
  • Andry Fajar Zulkarnain University of Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Indonesia
  • Noor Ridha Yanti University of Cahaya Bangsa, Banjar, Indonesia

Abstrak

Dalam Indeks Ekonomi Hijau (Green Economy Index) terdapat 15 indikator yang perlu
diketahui dalam upaya penerapan Prinsip Green Economy. Indikator dimaksud mencakup
tiga pilar keberlanjutan, yakni lingkungan, ekonomi, dan sosial, yang merupakan wujud
nyata Indonesia dalam mengukur efektivitas transformasi ekonomi yang berkelanjutan.
Khusus pada UMKM Mitra yang menjadi tujuan pelatihan dan pendampingan adalah
pada peningkatan nilai produk bilamana menerapkan prinsip green economy sehingga
mampu memperkuat branding dibantu dengan adanya advertising multiplatfoam.
Metodelogi yang diterapkan adalah service learning, participatory action research,
community participatory research dan metode asset based community development. Hasil
dari pengabdian masyarakat terhadap ke dua UMKM Binaan, terjadi peningkatan kualitas
produksi yang memberikan peningkatan pada “nilai”produk karena adanya implementasi
2 indikator dari 5 indikator pada pilar lingkungan, 2 indikator dari 4 indikator pada pilar
sosial dan 3 indikator dari 6 indikator yang terdapat pada pilar ekonomi. Terdapatnya 7
indikator dari 15 indikator keseluruhan dan indeks ekonomi hijau menyebabkan
peningkatan ”nilai” produk yang dikemas secara advertising. Selain itu “nilai” produk
juga menjadi lebih dapat bersaing secara global setelah proses kurasi, karena
diidentifikasi telah memenuhi 16 goals dari 17 Sustainable Development Goals (SDGs).
Nilai kuantitatif yang dinyatakan dalam Angka Penjualan Berkelanjutan karena dalam
formula yang dikembangkan melibatkan nilai fungsional dan nilai emosional demikian
juga dalam keberlanjutan menerapkan green technology dan digital technology.
Peningkatan nilai Produk sebesar 31.25% - 53.00%. Lolos kurasi menunjukkan masalah
pemasaran dan kualitas produk sebagian terbesar sudah bisa teratasi pada tahun pertama
dan akan terus ditingkatkan pada tahun kedua dan tahun ketiga dengan tetap
mengimplementasikan prinsip green economy.

Diterbitkan
2024-11-10