Pembinaan Strategi Membangun Wirausaha Berbasis Green Marketing Bagi Siswa SMKN 49 Jakarta Utara

  • Sandy Permata

Abstrak

Perkembangan dunia usaha meningkat dengan kemudahan dalam membuat sebuah produk atau jasa yang
disuguhkan kepada masyarakat dengan pemberian label nama yang menarik, kemasan yang menarik serta harga
yang juga kompetitif. Tentunya untuk memperkenalkan usaha baru dengan produk dan jasa tersebut dibutuhkan
komunikasi yang efektif sehingga pesan dan informasi yang akan diberikan terkait pengenalan produk dan jasa
tersebut dapat dipahami oleh pelanggan. Komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication)
merupakan salah satu strategi yang dilakukan dunia usaha untuk mengkomunikasikan produk atau jasa yang efektif
kepada pelanggannya.
Saat ini pelaku bisnis tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa namun mulai dikembangkan pula oleh anak-anak
muda usia sekolah, yang mulai membuka bisnis rintisan dengan berbagai produk dan jasa inovatif yang ditawarkan
kepada pelanggan. Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan, memberikan pengetahuan kepada Siswa
SMKN 49 Jakarta Utara mengenai prinsip Green Marketing yang memiliki tiga (3) tahap yaitu Green (membentuk
merek peduli lingkungan), Greener (gaya konsumsi ramah lingkungan ), dan Greenest (Budaya Konsumen peduli
Lingkungan).

Diterbitkan
2020-11-08