Penerapan Digital Marketing Dalam Menarik Minat Beli Produk UMKM Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat

  • Shabrina Arlinda
  • Junaidi Hendro

Abstrak

ABSTRAK
Perkembangan digital bergerak begitu pesat. Hasil survey Penyelenggaraan Jasa Internet
Indonesia (APJII) penetrasi internet di indonesia telah mencapai 78,19% pada 2023 atau menembus
215.626.156 jiwa dari total populasi sebesar 275.773.901 jiwa. UMKM merupakan ujung tombak dalam
memajukan perekonomian negara karena telah memberikan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB)
dan menambah lapangan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan digital marketing
sebagai dalam menarik minat beli produk UMKM Kecamatn Grogol Petamburan Jakarta Barat. Metode
penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian UMKM Kecamatan Grogol
Petamburan. Hasil Penelitian menunjukakan bahwa media sosial yang sering digunakan whatsapp,
Facebook, Instagram sebagai media sosial untuk mempromosikan produk agar lebih menarik dan
marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Go Food, Tiktok dan E-order (Platform Pemda DKI). Hasil
wawancara menyatakan bahwa setalah menggunakan digital marketing pendapatan meningkat sebesar
25% hingga 70% dari pendapatan sebelumnya.
Kata Kunci : Digital Marketing, UMKM, Minat Beli
ABSTRACT
Digital development is fast moving. Survey result Providing Internet Service (APJII) Internet
penetration in Indonesia has reached 78.19% in 2023 or penetrated 215,626,156 people, population
total from 275,773,901 people. UMKM become a pillar of the Indonesian economy for give contribution
gross domestic product and increasing employment. The purpose of this research to find out the
application of digital marketing in attracting interest inbuying UMKM product in Kecamatan Grogol
Petamburan Jakarta Barat. The research method is descriptive qualitative. The subject of this research
UMKM Kecamatan Grogol Petamburan. The result show that social media is frequently used is
whatsapp, Facebook, Instagram, s social media to promote products to make them more attractive and
marketplace; Shopee, Tokopedia, Go Food, Tiktok dan E-order (Platform Pemda DKI). The results of
the interview stated that after using digital marketing, income increased by 25% to 70%.
Keyword : Digital Marketing, UMKM, Buying Interst

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-06-27