PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN PERSEKOLAHAN II (PLP II) DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP MINAT MAHASISWA/I MENJADI GURU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIMED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh pengalaman Praktik Lapangan Persekolahan II (PLP II) dan motivasi
mengajar terhadap minat mahasiswa/i menjadi guru pada Program Studi Pendidikan Administrasi
Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Pengalaman merupakan peristiwa yang
telah terjadi dan mengandung unsur perasaan, emosi, kejadian, keadaan, serta kesadaran. PLP II
adalah proses observasi dan pemagangan yang dilakukan oleh mahasiswa program sarjana
pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran serta pengelolaan pendidikan di satuan
pendidikan. Sementara itu, motivasi mengajar merupakan dorongan yang muncul secara sadar dari
dalam diri individu untuk melaksanakan tindakan guna mencapai tujuan tertentu. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran stambuk 2021 yang
berjumlah 88 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling.
Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan analisis data menggunakan regresi
linear berganda. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen variabel pengalaman PLP II
memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,876, motivasi mengajar sebesar 0,946, dan minat menjadi
guru sebesar 0,890. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara pengalaman PLP II terhadap minat menjadi guru. (2)Terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara motivasi mengajar terhadap minat menjadi guru.(3)Terdapat
pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara pengalaman PLP II dan motivasi
mengajar terhadap minat menjadi guru.