PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA APLIKASI CAPCUT DALAM MENGEMBANGKAN CONTENT MARKETING PRODUK TOKO ANGKAT PERFUME UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT DI SOCIAL MEDIA TIKTOK

  • Alvino Brahmansyah Universitas Negeri Medan
  • Nurul Wardani Lubis Universitas Negeri Medan
Keywords: Artificial Intelligence, CapCut, Content Marketing, Engagement, TikTok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan fitur
Artificial Intelligence pada aplikasi CapCut mampu meningkatkan efektivitas
content marketing sehingga berdampak pada peningkatan engagement dari
interaksi audiens. Penelitian menggunakan metode Research and Development
(R&D) dengan menganalisis dan mengembangkan lima content TikTok
yangdipublikasikan selama melakukan penelitian. Hasil analisis berdasarkan
TikTok Analytics pada periode bulan 30 Juli - 26 Agustus menunjukkan bahwa
engagement diperoleh sangat tinggi dibandingkan periode bulan sebelumnya, yaitu
dengan total views sebanyak 9.651 (meningkat 297,8 %), total likes sebanyak 407
(meningkat 98,5%), total comments 33 (meningkat 371,4%), total shares sebanyak
95 (meningkat 1800 %), dan penambahan followers akun sebanyak 66. Sementara
engagement rate yang dihitung melalui views berkisar antara 7,18% hingga
10,99%, dengan rata-rata sekitar 10% pada sebagian besar content. Sedangkan
engagement rate yang dihitung berdasarkan followers menunjukkan hasil total
interaksi yaitu 489 dari 1.293 followers atau sebesar 37,82%. Temuan ini
membuktikan bahwa pemanfaatan AI CapCut mampu meningkatkan kualitas
visual, kreativitas, dan relevansi konten sehingga mendorong keterlibatan audiens
lebih besar dibandingkan rata-rata standar TikTok (4–8%). Selain peningkatan
engagement, penelitian ini juga menemukan adanya pengaruh secara tidak langsung
terhadap penjualan, penjualan produk Toko Angkat Perfume meningkat 77,3%
pada periode bulan Juli - Agustus. Dengan demikian, pemanfaatan AI CapCut dapat
direkomendasikan sebagai strategi pengembangan content marketing yang efektif
untuk meningkatkan engagement.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07
How to Cite
Brahmansyah, A., & Lubis, N. W. (2025). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA APLIKASI CAPCUT DALAM MENGEMBANGKAN CONTENT MARKETING PRODUK TOKO ANGKAT PERFUME UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT DI SOCIAL MEDIA TIKTOK. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 1343-1350. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/5189