PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PROGRAM KANTOR KELAS X MP DI SMKN 6 MEDAN T.P 2024/2025

  • Vianika Ekaristi Br Silalahi Universitas Negeri Medan
  • Alfi Nura Universitas Negeri Medan
Keywords: Media Pembelajaran Flipbook, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Media Pembelajaran Flipbook
Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar
Program Kantor Kelas X MP Di SMKN 6 Medan T.P 2024/2025. Media Pembelajaran
merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan
merangsang pikiran, perasaan, perhatian, serta minat peserta didik dalam proses
belajar-mengajar, sedangkan Motivasi Belajar dorongan yang berasal dari dalam diri
individu maupun lingkungan yang mempengaruhi seseorang dalam mencapai tujuan
pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MP SMKN 6 Medan Tahun ajaran 2024-
2025 yang terdiri dari 103 orang. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi
Linear Berganda. Data Penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner. Dengan
reliabilitas cronbach alpha media pembelajaran sebesar 0,688, motivasi belajar sebesar
0,728,. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara media pembelajaran flipbook terhadap hasil belajar; (2) Terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar; (3)
Terdapat pengaruh media pembelajaran flipbook dan motivasi belajar secara simultan
terhadap hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-30
How to Cite
Silalahi, V. E. B., & Nura, A. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PROGRAM KANTOR KELAS X MP DI SMKN 6 MEDAN T.P 2024/2025. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 1503-1511. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/5213