PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA SWASTA INDONESIA MEMBANGUN MEDAN

  • Everiyana Malau Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Indonesia
  • Rifqah Harahap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Indonesia
  • Evi Novalin Bako Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Indonesia
Keywords: Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kompetensi guru masih relatif rendah, fasilitas
belajar yang kurang memadai dan prestasi belajar siswa di SMA Swasta Indonesia
Membangun Medan yang belum optimal selama tahun ajaran 2023–2024. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas XI
IPS SMA Swasta Indonesia Membangun Medan sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan
sampel menggunakan metode sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan metode
regresi linear berganda menggunakan bantuan program Statistical Package for the Social
Sciences versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda yang diperoleh
adalah: Y = 1,004 + 0,325X1 + 0,291X2 + e, dapat diartikan bahwa kompetensi guru dan
fasilitas belajar berhubungan positif terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji t
menunjukkan bahwa kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar siswa (thitung = 5,601 > ttabel = 1,9989), dan fasilitas belajar juga berpengaruh
signifikan (thitung = 7,319 > ttabel = 1,9989). Hasil uji F menunjukkan bahwa kompetensi
guru dan fasilitas belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar
siswa (Fhitung = 62,747 > Ftabel = 3,15). Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,659
atau 65,9% menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru dan fasilitas belajar
menjelaskan sebagian besar variasi prestasi belajar siswa, sedangkan sisanya sebesar
34,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-30
How to Cite
Malau, E., Harahap, R., & Bako, E. N. (2025). PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA SWASTA INDONESIA MEMBANGUN MEDAN. IKRAITH-EKONOMIKA, 8(2), 1523-1531. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/5215