PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING LEARNING BERBANTUAN QUESTION CARD BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI KELAS X MP DI SMKS BUDI AGUNG MEDAN T.A 2024/2025

  • Rendy Indrawan S Siahaan Universitas Negeri Medan
  • Rotua Sahat Pardamean Simanullang Universitas Negeri Medan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Learning
Berbantuan Question Card Berbasis Aplikasi Assemblr Edu untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas X MP Di SMKS Budi Agung Medan T.A 2024/2025 pada elemen sistem informasi dan
komunikasi organisasi. Metode penelitian menggunakan True Eksperiment dengan desain penelitian
Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MP
SKMS Budi Agung Medan T.A 2024/2025. Teknik pengambilan sampel menggunakan secara
Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan peningkatan hasil belajar siswa
pada elemen sistem informasi dan komunikasi organisasi yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji
hipotesis (Independent Samples Test) diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0.003 yang
lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 (𝛼 < 0.05). Selain itu berdasarkan output group statistics,
rata-rata (mean) nilai Posttest hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 90.80, sedangkan
rata-rata nilai Posttest hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 87.47. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving Learning Berbantuan Question Card
Berbasis Aplikasi Assemblr Edu berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada
elemen sistem informasi dan komunikasi organisasi kelas X MP Di SMKS Budi Agung Medan T.A
2024/2025.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-07-07