PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MPLB DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI SMKS PAB 2 HELVETIA
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar siswa. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk megetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa MPLB Dengan Kemandirian Belajar Siswa Sebagai Variabel
Moderasi pada tahun pembelajaran 2024/2025. SMKS PAB 2 Helvetia yang terdiri dari 2 kelas
dengan jumlah 76 orang sedangkan untuk sampel penelitian adalah sebanyak 43 siswa dengan
menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket. Hasil
penelitian menunjukkan hasil bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Penggunaan
Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Canva terhadap hasil belajar dengan nilai sig (0.000<0.05)
dan thitung (5.006 > 2,024) dengan persamaan regresi Y = 33.067 + 0.833 X dan kontribusi sebesar
37.9% (2) berdasarkan hasil uji moderasi MRA dipereloh bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan interaksi penggunaan media pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil
belajar dengan sig (0.025<0.05) dan thitung 2.338 > 2,024) dengan regresi MRA Y = 219.827 -
3.350 X – 2.997 M + 0.069X*M dan kontribusi sebesar 60.70 % dan 39.30 % lainya dipengaruhi
oleh variable lain. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Penggunaan
Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa MPLB Dengan
Kemandirian Belajar Siswa Sebagai Variabel Moderasi Di SMKS PAB 2 Helvetia