PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VIDEO BERBASIS APLIKASI CANVA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI SMK NEGERI 6 MEDAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based
Learning berbantuan media audio video berbasis aplikasi Canva dan motivasi belajar
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sarana dan prasarana di SMK Negeri 6
Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain dua
kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project
Based Learning berbantuan media audio video berbasis aplikasi Canva dan kelompok
kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalaui pretest dan
postest, serta angket motivasi belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan dari model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audio video
berbasis aplikasi Canva terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata postest
kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, motivasi
belajar juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audio
video berbasis aplikasi Canva dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta
interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar memberikan dampak yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa.