PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA MUSEUM PERJUANGAN TNI
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadinya fluktuasi pengunjung pada
Museum Perjuangan TNI dari tahun 2020-2024, kurangnya ketanggapan sebagian
para petugas dalam melakukan pelayanan yang baik dan promosi belum dilakukan
secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas
Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pengunjung pada Museum Perjuangan
TNI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini yaitu sebanyak 10.118 pengunjung. Teknik pengambilan sampel
menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 99 responden. Penentuan
sampel menggunakan rumus slovin. Metode analisis data yang digunakan yaitu
regresi linier berganda dengan pengolahan data SPSS Versi 23.
Hasil analisis regresi linear berganda yaitu Y = 10,589 + 0,128X1 + 0,396 X2 + e
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Hasil uji t untuk variabel kualitas
pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung
di mana dapat dilihat nilai thitung 2.189 > ttabel 1,985 dengan uji siginifikan 0,031
< 5%. serta variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pengunjung. thitung 4,567 > ttabel 1,985 dengan uji signifikan (0,000) < 5%. Hasil
nilai uji F terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung dengan nilai
Fhitung = 17,809 > Ftabel 3,09. Koefisien Determinansi (R2) sebesar 0,520
(25,5%), sehingga dapat dikatakan bahwa 25,5% variasi variabel bebas yaitu
Kualitas Pelayanan dan Promosi pada model ini dapat menjelaskan variabel
Kepuasan Pengunjung pada Museum Perjuangan TNI sedangkan sisanya sebesar
74,5% dipengaruhi oleh variabel lain.