PENGARUH HARGA DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGUNJUNG RATU THRIFTING DI KOTA MEDAN

  • Maria Olivia Pasaribu Universitas Negeri Medan
  • Sri Rezeki Universitas Negeri Medan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena penurunan pendapatan pada
usaha Ratu Thrifting di Kota Medan dalam tiga tahun terakhir, meskipun telah
melakukan penjualan secara offline maupun online. Permasalahan ini diduga
berkaitan dengan faktor harga yang kurang kompetitif serta keterbatasan
diversifikasi produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Harga dan Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada
pengunjung Ratu Thrifting di Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah konsumen yang pernah berbelanja di Ratu Thrifting. Pengumpulan data
dengan cara melakukan penyebaran kuisioner secara langsung kepada 96 responden.
Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa Harga memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 0,766 dan signifikansi sebesar
0,000. Diversifikasi Produk juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikansi
sebesar 0,696 dan signifikansi sebesar 0,000. Secara simultan kedua variabel
memiliki kontribusi sebesar 93,2% terhadap Keputusan Pembelian.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-07-31