Implementasi Strategi Content Marketing Digital di TikTok dalam Upaya Memperluas engagement UD. SGL (studi kasus pada tiktok @toko_ud.sgl)

  • Novita Angelin Siregar Universitas Negeri Medan
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Medan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan menganalisis secara mendalam
strategi pengelolaan konten yang konsisten serta penerapan konten visual yang
sesuai dengan kebutuhan audiens, serta dampaknya terhadap peningkatan tingkat
engagement pengguna dan pertumbuhan bisnis UD.SGL. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data
primer diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan
pengelola akun, dan dokumentasi metrik kinerja TikTok. Strategi content marketing
diterapkan secara terstruktur selama periode satu bulan (24 hari kerja) , dengan
analisis data menggunakan teknik analisis konten (Miles & Huberman). Target
audiens utama diidentifikasi sebagai pedagang/grosir dengan didominasi pria.
Implementasi strategi yang konsisten—meliputi unggahan harian TikTok Stories,
Postingan Video 3 kali seminggu, dan sesi Live 1-2 kali seminggu —serta adaptasi
terhadap tren media sosial (penggunaan audio viral dan transisi dinamis),
menghasilkan peningkatan kinerja yang signifikan. Secara kuantitatif, total
tayangan (views) konten meningkat tajam dari 2.741 menjadi 42.000 dalam periode
penelitian. Pertumbuhan pengikut meningkat lebih dari dua kali lipat, dengan
penambahan 498 pengikut dibandingkan 76 pada periode sebelumnya. Peningkatan
drastis juga terlihat pada metrik engagement seperti likes, comments, dan shares per
konten. Strategi content marketing yang fokus pada konsistensi visual dan relevansi
tren terbukti efektif dalam mengoptimalkan penggunaan akun TikTok UD.SGL dan
secara signifikan meningkatkan keterlibatan audiens. Peningkatan engagement ini
berbanding lurus dengan dampak positif pada bisnis, di mana pemilik toko
melaporkan adanya peningkatan permintaan produk dan penjualan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-07-30