Pengaruh Inovasi Pelayanan, Fasilitas dan Harga terhadap Kepuasan Pemakai Jasa Transportasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Cabang Medan

  • Evi Denisa STIE IBMI Medan
  • Lapiti Gokmatua Sagala STIE IBMI Medan
  • Hafni Cholida Nasution STIE IBMI Medan

Abstrak

Penelitian ini menganalisis pengaruh inovasi pelayanan, fasilitas, dan harga terhadap kepuasan
penumpang PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Cabang Medan. Metode penelitian menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan sampel 100 penumpang yang dipilih melalui teknik accidental
sampling. Analisis data dilakukan dengan SPSS versi 25 melalui regresi linier berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan, fasilitas, dan harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan penumpang, baik secara parsial maupun simultan. Uji t
membuktikan masing-masing variabel memiliki pengaruh signifikan, sementara uji F
menunjukkan pengaruh bersama yang signifikan dengan nilai Fhitung 1211,206 > Ftabel 3,09.
Koefisien determinasi (Adjusted R²) sebesar 0,987 menunjukkan bahwa 98,7% variasi kepuasan
penumpang dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut, sedangkan 1,3% dipengaruhi faktor lain
di luar model

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-11-05