PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN BAHAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2024

  • Noprin Geopani Malau Universitas Negeri Medan
  • Syahrizal Chalil Universitas Negeri Medan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengaruh struktur modal dan
pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas dengan ukuran perusahaan sebagai
variabel mediasi pada perusahhan sektor industri dasar dan bahan kimia. Metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan data skunder yang diperoleh dari studi pustaka dan
data empirikal yang di akses melalui website resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path
analysis). Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji non parametrik dengan
software Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Struktur Modal dan
Pertumbuhan Penjualan tidak memiliki pengaruh langsung terhadap nilai
perusahaan, dan ukuran perusahaan sebagai variabel mediasi memiliki pengaruh
yang positiif dan signifikan terhadap profitabilitas. Akan tetapi, untuk pengaruh
tidak langsung Struktur Modal dan Pertumbuhan Penjualan memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap profitabilitas melalui ukuran perusahaan sebagai
variabel mediasi. Temuan ini menunjukkan bahwa Strukur Modal dan Pertumbuhan
Penjualan tidak berpengaruh langsung terhadap nilai perusahaan, akan tetapi harus
melalui Ukuran Perusahaan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2025-11-01