Keterkaitan Konsep Diri dan Konformitas dengan Perilaku Agresi Verbal Siswa Kelas XII SMAN 4 Bekasi
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dan konformitas dengan perilaku agresi verbal pada siswa kelas XII SMAN 4 Bekasi. Populasi penelitian berjumlah 356 siswa, dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 194 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan model skala likert yaitu skala perilaku agresi verbal, skala konsep diri dan skala konformitas. Penelitian ini mengolah data menggunakan JASP versi 0.16.3.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif antara konsep diri dan konformitas dengan perilaku agresi verbal pada siswa kelas XII SMAN 4 Bekasi. Penelitian ini mengukur konsep diri negatif dan perilaku agresi verbal siswa yang secara rata-rata memiliki kategori rendah. Selain itu terdapat sumbangan efektif konsep diri dan konformitas secara bersama-sama sebesar 32,6% terhadap perilaku agresi verbal, dimana kontribusi dominan didapatkan dari konsep diri, dan sebesar 67,4% terkait dengan sumbangan dari faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.