Pengaruh Pelatihan Merancang Gambar Dengan Aplikasi Autocad Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMK
Abstrak
Kreativitas merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran. Kreativitas dapat dilatih dan
dikembangkan melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah pelatihan merancang gambar dengan aplikasi
Autocad.Tujuan penelitian ini untuk mengkaji apakah pelatihan merancang gambar dengan aplikasi Autocad
dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa SMK. Alur penelitian dimulai dari merumuskan masalah,
menyiapkan instrumen penelitian dan menentukan populasi, pelatihan merancang gambar dengan aplikasi
autoCAD, pengumpulan data dan pengujian intrumen, analisa data dan menetukan simpulan. Berdasarkan
jenis data yang didapat penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan populasi dalam penelitian
adalah siswa SMK YAPPA kelas XI dengan sampel berjumlah 55 siswa, Intrumen penelitian menggunakan
kuesioner yang diberikan melalui Googleform sebagai alat pengumpul data . Data yang diperoleh dilakukan
uji validitas bivariate pearson dengan nilai r tabel product moment dan taraf signifikasi 5 % adalah 0.266.
Hasil pengujian memperlihatkan bahwa pelatihan merancang gambar menggunakan aplikasi AutoCAD
dapat memberi pengaruh positif pada kreativitas belajar siswa SMK . Dengan besaran koefesien regresi
sebesar 0.063 memberi arti bahwa bila variabel pelatihan merancang gamabr menggunakan aplikasi
AutoCAD meningkat sebesar 1 (satu) satuan, maka nilai kreativitas belajar siswa akan menigkat sebesar
0.603. dan R Square sebesar 0.396 mengindikasikan kombinasi variabel pelatihan merancang gambar
menggunakan aplikasi AutoCAD akan berpengaruhi terhadap variabel kreativitas belajar siswa SMK
YAPPA sebesar 39.6 %