Merdeka Belajar Kampus Merdeka Asistensi Mengajar di SDIT Abata Srengseng

  • Fathiyah Nurul Izzah Universitas Esa Unggul
  • Harlinda Syofyan Universitas Esa Unggul

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan Kampus Mengajar yang merupakan bagian dari
implementasi program bantuan mengajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di SDIT
Abata Srengseng yang dilakukan untuk membantu siswa dalam kegiatan belajar mengajar di
sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian lapangan yang artinya
peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengkaji permasalahan di kelas 1 yang terdiri dari 3
kelas yaitu kelas 1 Abu Bakar yang berjumlah 20 siswa, Kelas 1 Umar bin Khattab yang terdiri
dari 20 siswa. , dan Kelas 1 Utsman bin Affan berjumlah 19 santri dengan koordinasi kelas 1 yaitu
Ustadzah Fifin. Peneliti melakukan penelitian dimulai dari perancangan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), media pembelajaran dan administrasi kelas. Hasil dari kegiatan ini ,
khususnya mahasiswa PGSD, dapat memperoleh manfaat yang besar dari program ini,
memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah kemampuan kepemimpinan dan
interpersonal mereka, mengajar pelajaran, membuat materi pendidikan, piket siswa baru, membuat
narasi siswa, dan tugas-tugas lainnya adalah bagian dari rutinitas sehari-hari.
Kata kunci : MBKM, Pendidikan, Model Pembelajaran

Diterbitkan
2024-06-30