E-Modul Fluida Sebagai Media Pembelajaran Fisika Kelas XI SMA

  • Fauziah Hafni Universitas Riau, Pekanbaru
  • Fakhruddin Fakhruddin Universitas Riau, Pekanbaru
  • Yennita Yennita Universitas Riau, Pekanbaru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul
materi fluida dan memperoleh penilaian kelayakan sebagai media pembelajaran yang dapat
digunakan pada proses pembelajaran mata pelajaran fisika fluida kelas XI. Penelitian ini
menyesuaikan pembelajaran pada abad 21 yaitu penggabungan teknologi dan media pembelajaran
sehingga memperluas wawasan serta keterampilan peserta didik dalam menerapkan teknologi.
Metodologi penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model
pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE.
Metodologi penelitian kuantitatif yaitu skor kelayakan e-modul hasil validasi para ahli (ahli materi,
ahli pedagogi, dan ahli media) dan ahli praktikalitas (guru dan peserta didik yang telah belajar
materi fluida). Instrumen penilaian yaitu berupa angket yang di sesuaikan dengan karakteristik
modul, pedagogi dan media serta instrumen praktikalitas untuk mengetahui pendapat guru dan
peserta didik terhadap e-modul yang telah dikembangkan. E-modul fluida yang dikembangkan
divalidasi oleh tiga validator ahli. Pada aspek materi yang mendapatkan rata-rata skor 3,71 dengan
kategori valid, pada aspek pedagogi mendapatkan rata-rata skor 3,55 dengan kategori valid, aspek
media mendapatkan rata-rata skor 3,60 dengan kategori valid. Dari keseluruhan penilaian
pratikalitas menunjukkan bahwa e-modul fluida yang dikembangkan memperoleh penilaian sangat
baik sebagai media pembelajaran yang digunakan pada materi fluida.

Diterbitkan
2025-02-28