Peningkatan UMKM Mandiri dengan Pelatihan Diversifikasi Produk Strawberry
Abstrak
Kebutuhan masyarakat akan asupan nutrisi semakin meningkat, seiring dengan semakin banyakya
permintaan akan asupan nutrisi tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan itu perlu ada nya cara praktis
untuk mendapatkan asupan nutrisi yaitu dengan cara dengan memanfaatkan asupan nutrisi dengan
dijadikan produk pangan siap saji. Untuk memenuhi cara praktis tersbut maka diperlukan ada nya
suatu upaya proses pembuatan sebuah produk pangan. Maka dari itu dilakukan diversifikasi
produk. Diversifikasi produk merupakan salah satu upaya untuk pengembangan berbagai bentuk
dan macam produk dengan tujuan pemanfaatan hasil pertanian secara maksimal. Pada kegiatan
Pengabdian Masyarakat dilakukan pelatihan diversifikasi produk kepada Usaha Mikro Kecil dan
Menengah (UMKM) dengan jenis olahan pangan buah strawberry. Dengan adanya pelatihan
diversifikati produk akan membuka wawasan dan pengetahuan untuk mengembangkan produk
produk olahan yang terbuat dari bahan buah strawberry. Selain produk yang dikembangkan, perlu
juga cara dan strategi pemasaran danpenjualan dari produk tersebut dengan menerapkan
Teknologi Informasi melalui Media Sosial. Usaha Mikro Kecil danMenengah (UMKM)
memanfaatkan media internet sebagai sarana pemasaran online untuk memperluas pangsa pasar
dimana produk dapat ditawarkan ke berbagai penjuru dalam negeri maupun luar negeri.Penulisan
ini membahas tentang bagaimana melakukan diversifikasi produk dan pemanfaatan media sosial
oleh UMKM dalam memasarkan produk. Tujuannya untuk mengenalkan produk-produk UMKM
kepada masyarakat luas agar mendapatkan potensi pasar yang lebih luas