Hardiness dan Stress Akademik Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas XI di SMAN 40 Jakarta

  • Rilla Sovitriana Universitas Persada Indonesia YAI
  • Shofiyah Shofiyah Universitas Persada Indonesia YAI
  • Ratri Avianti Kartikaningrum Universitas Persada Indonesia YAI

Abstrak

Kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid-19 pada dunia pendidikan, mengharuskan sekolah ditutup untuk sementara waktu. Kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan disekolah, harus dilakukan belajar dari rumah melalui daring. Hal ini menyebabkan siswa menghadapi masalah baru sehingga dapat menimbulkan stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hardiness dengan stres akademik yang dialami siswa pada saat belajar dari rumah selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan instrumen skala hardiness dan skala stress akademik. Dari uji korelasi antara hardiness dengan stres akademik diperoleh hasil koefisien korelasi r = 0,871 dengan p = 0,000, p < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara hardines dengan stres akademik, hal ini menunjukan bahwa siswa dengan tingkat hardiness yang tinggi akan sukar mengalami stres akademik. Sebaliknya, jika siswa mengalami hardiness dengan yang rendah maka semakin tinggi stres akademik yang dialami siswa

Diterbitkan
2021-10-22