Hubungan Antara Self Effikasi Dan Dukungan Sosial Dengan Stress Akademik Pada Pembelajaran Daring Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YAI Angkatan 2019

  • Najmi Hayati Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Tatiyani Tatiyani Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan  untuk mengetahui  hubungan  antara self effikasi                    dan dukungan sosial dengan stress akademik pada pembelajaran daring di kalangan mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YAI Angkatan 2019. Sejumlah 207 mahasiswa dan sampel sebanyak 136. Teknik  penagambilan  sampel menggunakan teknik menggunakan Convience Sampling dan pengumpulan data menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu skala stres akademik (48 item ? = 0,965), skala self effikasi ( 24 item ? = 0,930),  dan  skala  dukungan sosial (32 item  ?  =  0,958).  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat hubungan positif yang signifikan antara self effikasi dengan stres akademik sebesar 0,851 dan terdapat hubungan   positif  yang   signifikan   antara   dukungan sosial  dengan   stres   akademik   sebesar 0,871 Selanjutnya,  hasil  analisis  data  dengan multivariate  correlations menggunakan  program  computer SPSS (Statistical Product and Service Solution) version 22.0 for windows diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0.898 dan p = 0.000 < 0.05. Hal ini menyatakan bahwa Ha3 = Ada hubungan antara self effikasi dan dukungan sosial dengan stress akademik pada pembelajaran daring di kalangan mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YAI Angkatan 2019 diterima. Kontribusi self effikasi dan dukungan sosial dengan stres akademik dari hasil koefisien determinasi  (R2)  =  0,807 sebesar 80,7% sedangkan  sisanya  sebesar  19,3% menyangkut  sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.

Diterbitkan
2022-10-31