Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Lokus Kendali Eksternal Dengan Lokus Kendali Eksternal Pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Psikologi Angkatan 2018 Universitas Persada Indonesia YAI
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan lokus kendali eksternal dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa semester akhir fakultas psikologi angkatan 2018 Universitas Persada Indonesia YAI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi sebesar 204 mahasiswa, dan sampel sebesar 138 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan jenis convenience sampling yang memiliki kriteria mahasiswa aktif angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI. Hasil penelitian menunjukkan r = 0.849 dan p = 0,00 < p = 0,05 yang menunjukkan adanya korelasi signifikan kearah negatif antara kecerdasan emosional dengan prokrastinasi akademik, dan r = 0,759 dan p = 0,00 < p = 0,05 yang menunjukkan adalnya korelasi positif yang signifikan antara lokus kendali eksternal dengan prokrastinasi akademik. Kemudian, dalam hubungan kecerdasan emosional dan lokus kendali eksternal dengan prokrastinasi akademik, diperoleh nilai r = 0.857 dan p = 0.00 < p = 0,05 yang menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan lokus kendali eksternal dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa semester akhir fakultas psikologi Universitas Persada Indonesia YAI.