Peran Motivasi Belajar Sebagai Mediator Pengaruh School Wellbeing Terhadap Prestasi Akademik
Abstrak
Setiap negara selalu mengharapkan masyarakatnya menjadi sumber daya yang unggul. Lembaga Pendidikan Tinggi diharapkan dapat melahirkan Sumber Daya Manusia yang dapat bersaing di kancah global. Prestasi akademik pada seluruh level pendidikan merupakan ukuran keberhasilan peserta didik dalam menempuh pendidikan. Oleh karena itu, berbagai upaya untuk dapat meningkatkan prestasi akademik perlu diupayakan. Pengaruh langsung school wellbeing terhadap prestasi akademik pada penelitian terdahulu menghasilkan temuan yang kurang konsisten, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh school wellbeing terhadap prestasi akademik melalui motivasi belajar sebagai variabel mediator. Penelitian ini melibatkan 137 mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala psikologis, yakni skala motivasi belajar, skala school wellbeing, dan data dokumentasi berupa IPK. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa school wellbeing berpengaruh terhadap prestasi akademik melalui motivasi belajar.