HUBUNGAN ANTARA SELF EFFIKASI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGANSTRESS AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN DARING DI KALANGAN MAHASISWA UPI YAI ANGKATAN 2019

  • Najmi Hayati Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Tatiyani Tatiyani Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Self Effikasi, Dukungan Sosial, Stress Akademik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada hubungan antara self
effikasidan dukungan sosial dengan stress akademik pada pembelajaran daring
di kalangan mahasiswa UPI YAI Angkatan 2019. Dalam penelitian
menggunakan tiga variabel self effikasi, dukungan sosial, dan stress akademik.
Populasi yang jumlah anggota yang terdaftar sebanyak 207 orang laki-laki dan
perempuan dan sampel berjumlah 136 laki-laki dan perempuan. Pengumpulan
data menggunakan skala likert dan pengambilan sampel menggunakan convience
sampling. Hasil uji validitas stress akademik 46 item valid dan 2 gugur, self
effikasi 17 item valid dan 7 gugur, dukungansosial 29 item valid dan 3 gugur.
Hasil penelitian diperoleh hasil rx1y sebesar 0.851dan p sebesar 0.000 maka Ho2
= ditolak . Sedangkan Ha2 = terdapat hubungan signifikan dan arah positif antara
dukungan sosial dengan stress akademik dikalangan mahasiswa UPI YAI
angkatan 2019 di terima. Diperoleh nilai R sebesar 0.898 dan R2 sebesar 0.807
dengan p < 0.05. Hal itu stress self effikasi dan dukungan sosial dengan stress
akademik pada mahasiswa UPI YAI Angkatan 2019 diterima.

Published
2022-07-01