Hubungan Antara Fear Of Missing Out Dan Smartphone Addiction Terhadap Kecenderungan Perilaku Phubbing Pengguna Social Media Pada Siswa Kelas XI MAN 3 Jakarta Pusat

  • Azzahra Wijayanti Irawan Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Tatiyani Tatiyani Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstrak

Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna social media tertinggi di Dunia. Hal ini
berdasarkan hasil riset We Are Social yang dikutip dari Mahdi (2022) bahwa tercatat sekitar 191 juta
pengguna aktif social media di Indonesia pada Januari 2022 dengan peningkatan 12,35% dari tahun
sebelumnya dengan menghabiskan 3 jam dalam sehari untuk menggunakan social media. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Hubungan antara Fear of Missing Out dan Smartphone Addiction
terhadap Kecenderungan Perilaku Phubbing Pengguna Social Media pada Siswa Kelas XI MAN 3 Jakarta
Pusat. Populasi dari jumlah siswa sebanyak 220 siswa laki-laki dan perempuan dengan sampel berjumlah 140
siswa laki-laki dan perempuan. Pengumpulan data menggunakan skala likert dan pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan dengan
arah positif yang signifikan antara fear of missing out dengan kecenderungan perilaku phubbing sebesar r =
0,748 dengan p = 0,000 dan terdapat hubungan dengan arah positif yang signifikan antara smartphone
addiction dengan perilaku phubbing sebesar r = 0,782 dengan p = 0,000. Hasil analisis data dengan
multivariate correlation menggunakan SPSS 25.0 for windows diperoleh koefisien determinasi R square
sebesar 0,618 dan berdasarkan regresi korelasi multivariat diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,786 dan p
= 0,000 yang berarti terdapat hubungan antara fear of missing out dan smartphone addiction terhadap
kecenderungan perilaku phubbing pengguna social media pada siswa kelas XI MAN 3 Jakarta Pusat.

Diterbitkan
2023-11-01