Pemahaman Mahasiswa Pada Pembelajaran Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

  • Dewi Suliyanthini Universitas Negeri jakarta
  • Muchamad Noerharyono Universitas Negeri jakarta
  • Nuraisyah Nuraisyah Universitas Negeri jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pemahaman mahasiswa pada
pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi Pendidikan Tata Busana.
Penelitian ini dibatasi pada pembelajaran MBKM PKM. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 43 mahasiswa angkatan 2019. Penelitian ini terdiri
dari 5 indikator yang mencakup memahami pengembangan bahan ajar, memahami pengembangan media
pembelajaran, memahami pengembangan instrumen pembelajaran, memahami konsep seminar proposal
skripsi dan memahami langkah-langkah pembelajaran dalam Praktik Keterampilan Mengajar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memahami tentang pengembangan bahan ajar dengan rata-rata
persentase sebesar 85%, pengembangan media pembelajaran sebesar 79%, pengembangan instrumen
pembelajaran sebesar 81%, seminar proposal skripsi sebesar 96%, dan praktik keterampilan mengajar
sebesar 89%. Hasil perhitungan secara keseluruhan didapatkan bahwa rata-rata persentase jawaban
responden adalah sebesar 85%, maka pemahaman mahasiswa program studi Pendidikan Tata Busana dapat
dikategorikan sangat baik dalam pembelajaran MBKM PKM.


Kata kunci : Pemahaman mahasiswa, Praktik Keterampilan Mengajar, Program MBKM

Published
2024-07-02