Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah (Survei pada Nasabah PT Bank Central Asia Tbk. KCP Kwitang)

  • Lidya Hezkiawati Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Ilona Vicenovie Oisina Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Kata Kunci: Komunikasi, Interpersonal, Kepuasan Nasabah

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer
Service terhadap Kepuasan Nasabah. Dengan menggunakan teori Keterlibatan Informasi
dengan konsep komunikasi, komunikasi interpersonal dan kepuasan nasabah. Sampel
penelitian ini adalah nasabah yang bertransaksi sebanyak lima kali di BCA KCP Kwitang
berjumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan model penelitian Cronbach’s Alpha
dengan software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil pengujian parsial
terdapat hubungan yang positif dan kuat antara Komunikasi Interpersonal terhadap
Kepuasan Nasabah. Nilai Komunikasi Interpersonal semakin naik maka akan semakin
meningkat juga Kepuasan Nasabah. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial
antara variabel Komunikasi Interpersonal terhadap variabel Kepuasan Nasabah.


Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal dan Kepuasan Nasabah

Diterbitkan
2024-07-02