Bisnis Model Tanaman Liar (Porang) Komoditas Ekspor
Abstract
Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar dan didukung oleh potensi sumber daya alam
yang melimpah. Salah satu potensi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang
bisnis adalah tanaman porang. Tanaman porang dahulu dianggap sebagai tanaman liar namun
sekarang menjadi primadona ekspor. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur dan
menganalisis aspek isi terutama media cetak atau elektronik serta bisnis model dari tanaman
porang. Paper ini merupakan penelitian desfriptif dengan analaisis isi dari data primer 66 artikel
berita online yang terbit antara tahun 2015-2021 yang dilengkapi data sekunder dari buku dan
jurnal penelitian terkait tanaman porang dan manajemen bisnis. Hasil penelitian saat dilakukan
pengkodean menunjukkan kata porang (2,7%) dan ekspor (0,87%) paling banyak dijumpai karena
dalam beberapa tahun terakhir ekspor porang terus mengalami peningkatan. Berdasarkan word
cloud, porang banyak sekali diukur pada advertisement dan pemerintah untuk memastikan
dukungan dan memberikan informasi kepada petani. Pada value proposition canvas dihasilkan
porang dalam bentuk olahan sedangkan pada business model canvas, bisnis porang diantaranya
memiliki customer segment pengepul dan produsen serta memiliki value proposition kaya akan
karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dan serat makanan.