Analisis Strategi Komunikasi Guru Dalam Mengajar Siswa Dengan Menggunakan Aplikasi Scratch (Studi Kasus di Sekolah Dasar Hati Kudus)

  • Marcellinus Kelvin Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Meisyanti Meisyanti Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Strategi Komunikasi, Guru dan Siswa, Aplikasi Scratch

Abstract

Strategi komunikasi merupakan hal penting dalam kegiatan mengajar coding pada siswa
kelas 6 Sekolah Dasar Hati Kudus. Selain itu, strategi komunikasi yang tepat dan efektif juga
diperlukan untuk membantu siswa belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan,
analisis SWOT, dan konsep strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan ialah observasi wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan strategi komunikasi guru dalam mengajar siswa dengan menggunakan aplikasi
Scratch terdiri dari mengenal sasaran khalayak dengan cara pendekatan guru ke siswa secara unik,
menyusun pesan langkah demi langkah pengenalan Scratch dan penyampaian pesan tersebut
dilakukan oleh guru secara persuasif, menetapkan praktikum sebagai metode ajar dan pentingnya
guru menjadi role model, penggunaan media berupa modul cetak, serta komunikator di mana peran
guru sebagai komunikator sangatlah membantu pencapaian tujuan pembelajarandan menyadari
pentingnya keterampilan berkomunikasi, kaya ide, serta penuh daya kreativitas.

Published
2025-07-01