Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Olimpiade 2036 di Indonesia

  • Win Rico Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Joachim David Magetanapuang Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Kristianus Haryandi Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Olimpiade 2036, Indonesia, Identitas Visual, Maskot, Media Promosi

Abstract

Olimpiade Modern yang ada sekarang adalah merupakan pengembangan dari Olimpiade
Yunani Kuno pertama yang diselenggarakan pada tahun 776 SM di kota Olympia yang
menjadi asal kata Olimpiade untuk menghormati Dewa Zeus. Waktu penyelenggaraan
Olimpiade sendiri sejak jaman Olimpiade Yunani Kuno tidak pernah berubah yaitu setiap
4 tahun sekali, hanya saja banyak terjadi pengembangan oleh Baron Pierre de Coubertien
sejak Olimpiade Modern dilaksanakan pada tahun 1896 di kota Athena, Yunani. Sejak
awal diselenggarakan sampai saat ini telah dilaksanakan 32 kali penyelenggaraan
Olimpiade dan dalam perkembangannya sejak tahun 1924 Olimpiade diadakan dua kali
dalam tahun penyelenggaraan yang sama tapi disesuaikan dengan kondisi iklim negara
penyelenggara yaitu Olimpiade Musim Panas dan Olimpiade Musim Dingin. Kesempatan
bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Olimpiade 2036 yang bertaraf
internasional dan memiliki reputasi tinggi merupakan suatu kesempatan emas untuk dapat
meningkatkan citra (image) serta meningkatkan devisa yang sangat signifikan dari sisi
pariwisata Indonesia. Oleh karena itu dalam penyelenggaraan suatu event bertaraf
internasional, Indonesia sebagai tuan rumah harus bersiap untuk meningkatkan sarana dan
prasana pertandingan olahraga, juga menciptakan suatu identitas visual dan media promosi
yang kreatif, unik serta menarik untuk mendukung kesuksesan Olimpiade 2036 di
Indonesia.

Published
2025-03-03